Sabtu, 08 Januari 2011

TERIYAKI & SESAME SALMON dari TASTE.COM.AU

Seorang teman kasih info tentang resep ini yang dimuat di taste.com.au. Yup, website yang berisi aneka menu asooy yang gampang untuk diuji coba. Gue pelajari bahannya ternyata semua mudah ditemukan di pasar tradisional dan supermarket. Kebetulan gue udah lama nggak masak ikan salmon yang mengandung asam lemak Omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta nutrisi bermanfaat untuk otak kita. Menu yang satu ini, selain ternyata cukup mudah membuatnya, ternyata juga mengandung tambahan vitamin dan serat lain. Yaitu seratnya dari organic brown rice (beras cokelat), vitamin C dari cabe, dan wijen (sesame seed) yang mengandung vitamin E. Yuuk.. ini terjemahan resepnya..

Bahan: 
4 bh (100g per potong) salmon fillets, bersihkan sisik dan biarkan kulitnya menempel
1/4 cangkir atau kira-kira 50-75ml saus teriyaki -- mau beli jadi monggo, mau yang homemade free MSG kukasih resepnya
3 sdm minyak canola
1 cabe merah besar yang badannya licin, potong miring uk. 1cm
3 btg daun bawang iris tipis
3 cangkir brown rice (berascokelat) matang
2 sdm kecap manis sedang -- atau kalo ngga ada ditoko campur 1 1/2 sdm kecap manis dan 1/2 sdm kecap asin
2 sdt garam atau sesuai selera (sea salt lebih baik)
1 sdt minyak wijen
1 sdm biji wijen, sangrai

Cara Memasak
Panaskan oven 180C. Lapisi baki oven dengan kertas panggang. 
Letakkan salmon diatas wadah kaca tahan panas. Oles seluruh bagian ikan dengan saus teriyaki, simpan dikulkas selama 10menit

Panaskan 2 sdm minyak canola diatas wajan anti lengket dengan api sedang. Tiriskan salmon dari saus teriyaki perendamnya dan letakkan diatas wajan. Bolak-balik selama 2 menit untuk setiap sisi salmon. Angkat dan pindahkan ke dalam oven.

Panggang salmon selama 3-4 menit untuk hasil kematangan sedang, atau panggang sesuai dengan tingkat kematangan yang elo inginkan.

Panaskan kembali dengan api sedang, sisa minyak canola dala wajan bekas salmon. Tumis daun bawang dan irisan cabe merah selama 2 sampai 3 menit hingga cabe merah terasa lunak. Masukkan brown rice, aduk rata lagi selaa 2 atau 3 menit. Matikan api, tambahkan kecap, minyak wijen dan taburan biji wijen. Aduk rata

Sajikan bersama dengan salmon..
 

*tips: diatas terjemahan resep aslinya. secara pribadi gue suka iseng menambahkan bumbu yaitu: 
Oleskan 1/3 sdt merica bubuk putih dan 1/3 merica bubuk hitam di badan salmon sebelum merendam dalam saus teriyaki. Tidak perlu ditambah garam.
Tambahkan 2 btr bawang putih dan 1/2 butir bawang bombai cincang untuk aroma yang lebih nikmat saat menumis brown rice.


Bonus RESEP SAUS TERIYAKI BUATAN SENDIRI


Kalo elo kurang yakin pada kehalalan saus teriyaki dalam kemasan yang banyak dijual di supermarket, lebih baik kita coba buat sendiri dirumah..


1/4 cangkir atau kira-kira 100ml air dingin
1/4 cangkir kecap -- campur 70ml kecap manis dengan 30ml kecap asin
2 sdm tepung maizena
3 sdm brown sugar
1 siung bwg putih, cincang halus
1/2 sdt parutan jahe


Campurkan tepung maizena dengan air. Aduk hingga rata.

Tuang kedalam wajan atau panci anti lengket: Campuran maizena & air, brown sugar, kecap, bwg putih dan parutan jahe. Aduk hingga semua bahan menyatu. Cicipi rasa manis dan gurihnya. Masak dengan api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan mengental.


Kalo elo merasa sausnya (masih) terlalu kental, kecilkan api, tuang air atau kecap perlahan kedalam saus sambil diaduk rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar