Jumat, 28 Januari 2011

ABON IKAN ALA CHEF HARYO PRAMOE

Siapa siy yag nggak kenal ama Chef Haryo Pramoe yang gaul & biker sejati.. Nah resep yang satu ini beliyaw bagikan via twitter. Seumur-umur gak kebayang deh caranya mbikin abon sendiri, eh ternyata abon ikan yang satu ini cukup mudah membuatnya. Yang penting ikannya harus segar dan tipe ikan yang berdaging, jangan pake frozen fish agar harum aroma ikan bercampur bumbu akan ngebuat elo langsung laper.. or rebutan ama anak dirumah!

Bahan
300-500 gr ikan senangin/tuna/tenggiri/kakap merah
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
5 btr bwg merah, iris tipis
3 btr bwg putih, keprek cincanghalus
3 lbr daun salam, sobek-sobek
5 lbr daun jeruk, sobek-sobek
2 cm lengkuas, keprek
5 bh cabe merah keriting, iris --- kalo buat anak nggak usah pake cabe
5 bh cabe rawit, iris
1 sdm brown sugar,atau sesuai selera
Garam, sesuai selera
1-2 sdm Minyak goreng/minyak canola untuk menumis

Cara Memasak
Pisahkan daging ikan dari duri-durinya. Potong-potong dagingnya. Lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam.  Diamkan 10-15 menit hingga meresap.

Panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bwg merah, bwg putih, lengkuas, daun salam, daun jeruk, cabe merah dan cabe rawit hingga harum. Masukkan daging ikan, tumis hingga berubah warna. Masukkan brown sugar dan garam. Aduk,cicipi. Masak hingga matang dan harum aromanya.


Matikan api. Dinginkan tumisan ikan dengan sempurna. Kalo perlu kipasin/pakein kipas angin. Setelah dingin, blender halus.


Siapkan wajan anti lengket. Panaskan wajan tanpa minyak diatas api kecil. Masukkan ikan yang telah diblender ke wajan. Sangrai perlahan-lahan. Jangan kaget ya jika pada saat ini ikan akan terlihat menggumpal seperti bubur. Teruskan sangrai, perlahan ikan akan 'terpisah-pisah' butirannya dan mulai mengering kecokelatan dan bau harumnya muncul  (lihat foto disampung kiri). Aduk terus sampai akhirnya semua butiran abon ikan elo matang dengan sempurna. Bentuknya berupa butiran-butiran halus cokelat keemasan yang "makpyuurr" kering tapi tidak gosong (lihat foto diatas). Matikan kompor. Dinginkan dengan sempurna. Bila terasa kurang halus silahkan elo blender sekali lagi, jangan lupa tetap sertakan daun jeruk/daun salam yang ada/tersisa didalamnya.


Simpan dalam wadah tertutup rapat. Abon ikan buatan sendiri dapat bertahan kesegarannya tanpa disimpan dalam kulkas selama + 1 minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar