Minggu, 09 Januari 2011

NASI AYAM HAINAN (HAINANESE CHICKEN RICE)

Menjelang Imlek begini paling asyik mengeksplorasi masakan-masakan China (Chinese Food). Yup, chinese food mendunia banget, dengan beragam gaya dari warung kaki lima sampai hotel kaum jet-set, elo bisa nemu chinese food. Salah satu favorit gue adalah Nasi Ayam Hainan. Nasi berbumbu yang gurih beraroma minyak wijen dan ayamnya yang hmmmm.. wangi, padat dan selalu menggiurkan. Mumpung weekend, gue praktekin deh resep Nasi Ayam Hainan yang resepnya kombinasi dari Crash Test Kitchen-nya Waz & Lenny, web Dapoerkami dan gothak-gathuk gue sendiri


Bahan:
Untuk Ayam
1 kg ayam ras atau ayam kampung
2 bh daun bawang, iris
2 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir
1-2 sdm minyak wijen
1000-1200ml air untuk merebus
Siapkan wadah atau panci isi air dingin untuk rendam ayam setelah matang
Untuk Nasi
2 sdm minyak wijen
250gr beras,cuci tiriskan
2 siung bwg  putih
2 bh bwg merah
2cm jahe, cincang halus
1 btg serai, keprek
2 sdm minyak untuk menumis
300 ml air kaldu sisa rebusan ayam

Cara Memasak
Stelah ayam dicuci dan ditiriskan, lumuri badan ayam dengan garam dan gula. Simpan di kulkas dalam wadah tertutup selama 3-4 jam.

Rebus air hingga mendidih. Masukkan ayam bersama potongan daun bawang. Tuangkan minyak wijen, tutup panci rebusan. Cicip garam dan gulanya. Rebus ayam hingga matang, angkat dan rendam dalam air dingin. Sisakan kaldu rebusan ayam sebanyak +300ml.

Haluskan bwg putih, bwg merah. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama jahe dan serai hingga harum. Masukkan beras, aduk rata bersama bumbu dan tuangi dengan kaldu sisa rebusan ayam. masak dengan api kecil (diaron) hingga airnya habis. Tanak nasi dengan dandang hingga matang.

Sambal Nasi Hainan
Dibagian sambal,gue pakai Resep Saus Teriyaki, ditambah dengan bubuk cabe kering dan sausnya dibuat lebih kental

Sajikan hangat Nasi Ayam Hainan bersama sambalnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar