Minggu, 30 Januari 2011

CWIE MIE STYLE UDON

Yang ini paling cocok untuk makan siang. Daging ayam giling dimasak ala tipping Cwie Mie dipadu dengan Udon yang besar-besar mie-nya. Makin lengkap ditambah pangsit goreng kriuk kriuk buatan sendiri yang diisi dengan campuran ayam dan udang yang nikmaaatt... Thank you Lanti Harlanti untuk pertukaran resepnyaa. I wish I could share makanan ini sekarang juga ke elo...

Bahan

2 bungkus Udon
Masukkan Udon ke dalam air mendidih. Rebus selama 3 menit. Tiriskan. Siram dengan air matang suhu ruangan.Tiriskan.

*Ayam Giling Cwie Mie
500 gram ayam. Pisahkan daging dari lemak, kulit dan tulangnya. Giling daging, sisihkan tulangnya untuk kaldu. Ambil 100 gram daging ayam giling, sisihkan
7 siung bwg putih, cincang halus
1/2 butir bwg bombai cincang halus
1 sdm minyak wijen
1-2 daun bawang, cincang kasar
1 cm jahe, keprek
1 sdm kecap manis atau sesuai selera
1sdm saus tiram -- kalo gue pake saus tiram vegetarian yang low sodium/rendah garam
5 sdm minyak untuk menumis
10 bh jamur kancing/jamur champignon, iris-iris tipis

*Minyak Ayam
100-300 gr lemak ayam, cuci bersih dan tiriskan
1 sdm minyak sayur/minyak canola untuk menumis
2 siung bwg putih, keprek

*Kuah
1200 ml air
100-200 gram  tulang ayam
5 siung bwg putih
1 cm jahe, keprek
1 btg daun bawang, cincang halus
1 sdt minyak wijen
Garam dan gula pasir sesuai selera

*Pangsit Goreng
10-12 lbr kulit pangsit atau kulit lumpia
100 gr daging ayam giling
40 gr udang, kupas kulit dan ekornya, haluskan
1 bh tahu cina ukuran sedang, peras airnya dan haluskan
1 btr telur ayam
20 gr wortel, parut
1/2btg daun bawang, cicang halus
1sdm tepung terigu larutkan dengan 30 cc air. Aduk sampai rata dan kental

Cara Memasak
*Kuah
Siapkan panci berisi air. Masukkan tulang ayam, jahe dan bawang putih. Rebus dengan api sedang. Saat mendidih, masukkan minyak wijen, garam dan gula. Cicipi rasanya. Terakhir masukkan daun bawang,rebus selama 3 menit. Matikan api.

*Minyak Ayam
Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Tuang minyak hingga panas. Masukkan lemak ayamnya. Saat lemak ayam mulai mencair menjadi minyak, masukkan bwg putih. Masak terus hingga keseluruhan lemak ayam mencair.

*Ayam Giling Cwie Mie
Panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bwg putih dan bwg bombai hingga harum. Masukkan ayam, aduk rata hingga ayam berubah warna. Tuangi minyak wijen, aduk. Masukkan jamur kancing, saus tiram, merica dan kecap manis. Aduk-aduk rata. Cicipi rasanya. Terakhir masukkan daun bawang, masak selama 3-5 menit lagi hingga kesemuanya matang. Matikan api.

*Pangsit Goreng
Satukan ayam giling, udang, tahu cina, wortel parut, daun bawang,garam, merica dan telur. Aduk hingga semua tercampur rata. Ambil selembar kulit pangsit/kulit lumpia. Letakkan 1sdt campuran isinya ditengah kulit pangsit/kulit lumpia. Oleskan pinggir-pinggirnya dengan campuran "lem" terigu dan air. Lipat bentuk segitiga atau bentuk lain yang dikehedaki. Bila takut kulitnya robek saat digoreng, lapisi sekali lagi.
Goreng dalam minyak panas dan terendam

**Cara Penyajian
Tuang 1/2 sdm minyak ayam kedalam mangkok saji. Letakkan udon lalu aduk hingga rata terbalut minyak. Ambil 2-3 sdm ayam giling cwie mie yang sudah matang, letakkan diatas udon dan taburi dengan bawang goreng. sajikan lengkap dengan kuah (terpisah di mangkok lain), sambal bangkok dan pangsit goreng

 

Jumat, 28 Januari 2011

AYAM GORENG ALA CHEF BARA PATTIRAJAWANE

Ahaaaayy.. Kalo yang satu ini praktekan gue dari resep Ayam Goreng Bali-nya Chef Bara Pattiradjawane, yang ada di acara Gula-Gula, tayang Sabtu 25 Desember 2010. Buat gue, resep yang satu ini jadi alternatif lain cara masak ayam yang praktis dan sedap. Cocok untuk mereka yang sibuk dan ngga punya banyak waktu untuk memasak. Tipsnya satu: pilih ayam segar yang ukuranhya tidak terlalu besar. Aroma terasi memperkaya rasa pada ayamnya.. Nyaaammm..


Bahan:
1 ekor ayam negeri ukuran 1 - 1,3kg atau ayam kampung ukuran 800gram - 1kg
10 bwg merah cincang kasar
7 bwg putih, cincang kasar
1 sdt merica putih butiran

2 sdt merica putih bubuk
1 sdt merica hitam butiran
1 sdt merica hitam bubuk
3 cm terasi

1 butir jeruk nipis, peras airnya
1/2 sdm garam, atau sesuai selera

1/2 sdm gula
1200 ml air untuk merebus


*Sambal
7-10 buah cabe merah keriting
5 butir bwg merah
2 btr bwg putih
1/2 sdt terasi 
1/2 - 1 sdt gula merah, atau sesuai selera
1 sdm air jeruk limau, atau sesuai selera
Garam, sesuai selera


Goreng cabe merah, bwg merah, bwg putih dan terasi. Angkat, pindahkan keatas cobek. Pukul-pukul kesemuanya beserta garam dan gula merah, sekaligus tambahkan 1/2 sdm minyak bekas gorengan cabe dan bawang. tambahkan air jeruk limau. Aduk rata.


Cara Memasak
Beli ayam utuh lengkap dengan kulitnya atau potong ayam jadi dua bagian.  Lumuri keseluruhan badan ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Remas-remas, diamkan selama 1 jam agar meresap


Siapkan air dalam panci. Masukkan ayam dan semua bumbu. Nyalakan api, rebus, tambahkan garam dan gula, cicipi. Masak hingga daging ayam berubah warna (matang) dan bumbu meresap. Tiriskan.


Goreng ayam dalam minyak panas dan terendam.


Sajikan bersama lalap dan sambal

SOTO BANDUNG

Barangkali elo jenuh dengan soto bersantan atau soto yang kuahnya berwarna kuning, Soto Bandung bisa jadi alternatif makanan berkuah yang segar dikala hari hujan. Gampang nggak masaknya? Jelas!!! Nggak capek ngulek/ngehalusin bumbu, eeeeh.. jadilah Soto Bandung yang dilengkapi lobak dan taburan kedelai. Jangan lupa kerupuk dan sambalnya..

Bahan:
500 gr daging sapi sengkel
1500 ml air
2 sdt garam, atu sesuai selera
2 lbr daun salam
2 btg serai
4 cm jahe kupas memarkan
2 cm lengkuas
5 sdm minyak untuk menumis
200 gr lobak, kupas potong melintang tipis
3 btg daun bawang, potong melintang tipis

*Haluskan:
8 siung bawang putih
1 sdt merica butiran

*Pelengkap:
100 gr kedelai goreng
2 btg seledri, iris halus
4 sdm bawang goreng
kecap manis, jeruk limau, krupuk putih

*Sambal:
25 bh cabai rawit hijau, 2 siung bawang putih, tiriskan lalu haluskan, tambahkan 50 ml air.
atau
7 bh cabe merah keriting, 2 siung bwg putih, 5 bh bwg merah, 1/2 btr tomat merah, 1/2 sdm gula merah. Goreng cabe, tomat, bwg merah dan bwg putih. Haluskan bersama gula merah.
Rebus daging bersama daun salam, serai lengkuas, jahe dan garam. Hingga daging empuk. Bila daging belum empuk tambahkan air atau gunakan panci presto agar daging lebih cepat empuk

Angkat daging, tiriskan dan potong ukuran 1 x 1 x 2 cm. Kembalikan ke dalam air rebusan. Ukur kaldunya sebanyak 1200 ml.

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yag dihaluskan hingga harum dan matang. Masukkan daun bawang dan lobak, masak hingga layu, angkat. Masukkan tumisan ke dalam kaldu, aduk hingga rata dan rebus (kembali) hingga mendidih. Angkat.

Cara menyajikan: tuang soto dalam mangkuk, taburi kedelai goreng, seledri, bawang goreng, dan kecap manis. Sajikan selagi panas dengan sambal, air jeruk limau dan kerupuk putih.

ABON IKAN ALA CHEF HARYO PRAMOE

Siapa siy yag nggak kenal ama Chef Haryo Pramoe yang gaul & biker sejati.. Nah resep yang satu ini beliyaw bagikan via twitter. Seumur-umur gak kebayang deh caranya mbikin abon sendiri, eh ternyata abon ikan yang satu ini cukup mudah membuatnya. Yang penting ikannya harus segar dan tipe ikan yang berdaging, jangan pake frozen fish agar harum aroma ikan bercampur bumbu akan ngebuat elo langsung laper.. or rebutan ama anak dirumah!

Bahan
300-500 gr ikan senangin/tuna/tenggiri/kakap merah
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
5 btr bwg merah, iris tipis
3 btr bwg putih, keprek cincanghalus
3 lbr daun salam, sobek-sobek
5 lbr daun jeruk, sobek-sobek
2 cm lengkuas, keprek
5 bh cabe merah keriting, iris --- kalo buat anak nggak usah pake cabe
5 bh cabe rawit, iris
1 sdm brown sugar,atau sesuai selera
Garam, sesuai selera
1-2 sdm Minyak goreng/minyak canola untuk menumis

Cara Memasak
Pisahkan daging ikan dari duri-durinya. Potong-potong dagingnya. Lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam.  Diamkan 10-15 menit hingga meresap.

Panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bwg merah, bwg putih, lengkuas, daun salam, daun jeruk, cabe merah dan cabe rawit hingga harum. Masukkan daging ikan, tumis hingga berubah warna. Masukkan brown sugar dan garam. Aduk,cicipi. Masak hingga matang dan harum aromanya.


Matikan api. Dinginkan tumisan ikan dengan sempurna. Kalo perlu kipasin/pakein kipas angin. Setelah dingin, blender halus.


Siapkan wajan anti lengket. Panaskan wajan tanpa minyak diatas api kecil. Masukkan ikan yang telah diblender ke wajan. Sangrai perlahan-lahan. Jangan kaget ya jika pada saat ini ikan akan terlihat menggumpal seperti bubur. Teruskan sangrai, perlahan ikan akan 'terpisah-pisah' butirannya dan mulai mengering kecokelatan dan bau harumnya muncul  (lihat foto disampung kiri). Aduk terus sampai akhirnya semua butiran abon ikan elo matang dengan sempurna. Bentuknya berupa butiran-butiran halus cokelat keemasan yang "makpyuurr" kering tapi tidak gosong (lihat foto diatas). Matikan kompor. Dinginkan dengan sempurna. Bila terasa kurang halus silahkan elo blender sekali lagi, jangan lupa tetap sertakan daun jeruk/daun salam yang ada/tersisa didalamnya.


Simpan dalam wadah tertutup rapat. Abon ikan buatan sendiri dapat bertahan kesegarannya tanpa disimpan dalam kulkas selama + 1 minggu

Minggu, 23 Januari 2011

SAPO TAHU

Hidangan berbau Oriental favorit untuk acara kumpul-kumpulkeluarga, arisan or ulang tahun. Bahannya rame namun relatif mudah didapat. Resep ini sampling utk itungan makan sekeluarga 3-7orang

Bahan
10 Siung bwg putih
5 btr bwg merah
250gr udang segar ukuran sedang (kira2 segede jari tengah tangan), kupas sisakan ekornya
3 btg wortel, iris bulat seperti irisan sop
1 bungkus crab stick, potong2.
3 bh jagung manis, serut butirannya. Kl gak ada pake jagung manis kalengan.
5 bh tahu jepang vacuum packed yg bentuknya seperti es mambo rasa/aroma udang. potong dan goreng sampai kecokelatan.
1 bh sawi putih, cincang kasar
1  btr bwg bombai ukuran sedang, iris2 tipis.
20 btr bakso ikan, belah tiap butirnya jadi 2
20 btr bakso udang, belah tiap butirnya jadi 2
5 btr jamur hioko kering, rendam air hangat sampai mengembang, iris2 tipis.
(kl tidak suka jamur hioko bisa diganti jamur kancing champignon segar sekotak kira2 200gr atau 1 kaleng jamur champignon)
1 ons jamur kuping kering, rendam air hangat sampai mengembang, iris kecil2
5cm jahe (sebesar jempol tangan), keprek
2bh daun bawang ukuran besar, cincang kasar
5-7 sdm Saus tiram
1 sdm tepung maizena. campur dgn segelas air matang tidak dingin/suhu ruangan.
Merica bubuk

Cara Memasak:
Blender semua bawang putih+bawang merah dgn 5 ekor udang segar.

Panaskan minyak agak banyak dgn api besar. Masukan bawang putih, bawang merah + udang yg sdh diblender halus. Masukkan jahe & irisan bwg bombai. Tumis sampai harum. 

Masukkan udang & wortel, aduk rata & tuang air panas sampai nyemek2/tidak menggenang. Tutup wajan sebentar sampai udang berubah warna & wortel mulai terasa 1/2 matang. 

Masukkan bakso ikan & bakso udang, tahu jepang, jagung manis pipilan, jamur kuping, saus tiram, merica, kecilkan api aduk rata kira2 5 menit. 

Masukkan potongan daun bawang, crab stick & sawi putih. Aduk pelan sampai sawi putih matang. Tuang larutan tepung maizena, aduk sampai mengental.

Sajikan panas bersama Sambal Bangkok

Ayam Panggang BBQ ala Chef Farah Quinn

Ayam Panggang BBQ yang satu ini hasil praktek resepnya Chef Farah Quinn's Ala Chef Show; episode Visit to All About Strawberry, Minggu 5 Desember 2010. Gue inget banget nonton acara ini dirumah sambil latihan lower body diatas bench press.. Seketika langsung berasa laper berat ngeliat warna-warni masakannya =9 Disini gue pribadi buat sekalian alternatif untuk anak-anak atau mereka yang suka banget juka ayamnya tanpa tulang dan digoreng berlapis tepung. Everybody at home would love this yummy meal!

 Bahan
*Kalo pake ayam potong:
7 ptg ayam ras
Cuci bersih, tiriskan, Kerat2 dagingnya

*Kalo pake boneless chicken breasts:
3-4 bh dada ayam tnp kulit & tulang
Cuci, tiriskan
Pipihkan dgn alat pemukul daging atau ulekan :D hingga pipih

*Batter (lapisan tepung) untuk versi goreng
3 sdm tepung terigu serba guna
1 putih telur
1/2 sdt garam atau sesuai selera
1/3 sdt merica atau sesuai selera
1 siung bwg puth, parut
Air matang secukupnya
Campur bahann menjadi satu hingga mencapai kekentalan medium.

*Sauce bbq versi Farah Quinn:
12 siung bwg putih, dengan catatan: 3 siung haluskan, sisanya cincang
1 btr bwg bombai, cincang
300ml saus tomat
2 lbr daun salam
1 sdm oregano
1/2 sdm thyme
1 btr jeruk nipis
1 sdm saus worchestershire
2 sdt gula pasir, atau sesuai selera
1/2 btr tomat, cincang kasar
Merica secukupnya

Cara Memasak

*Panggang
Lakukan pd ayam potong atau dada ayam tnp tulang:
Lumuri badan ayam dgn perasan jeruk nipis, garam, merica dan 2 sdm saus tomat, remas2 ratakan, tutup n simpan dlm kulkas hingga meresap (kl gw nyimpen dikulkas selama 3-4 jam)

Oleskan minyak sayur biasa/canola oil/light olive oil di alat pemanggang (bisa yg pake arang, yg lgs diatas kompor gas ato pake grill pan). Letakkan ayam, panggang dgn api kecil. Sesekali oleskan ayam dgn sisa bahan perendamnya. Panggang smp daging matang keseluruhan.

*Goreng
Lapisi dada ayam tanpa tulang dengan batter hingga merata. Goreng dalam minyak panas dan terendam hingga batter berwarna kuning keemasan dan ayam matang. Angkat dan tiriskan

* Saus bbq-nya:
Panaskan minyak, tumis bwg putih, bwg bombai cincang dan daun salam sampai harum. Tuang potongan tomat, aduk dan pukul2 tomat. Stlh tomat agak lunak, tuang saus tomat, aduk rata, masukkan oregano, thyme, saus worchestershire, gula pasir, garam, merica. Tutup, sesekali aduk rata dgn api sedang sampai mengental. Matikan kompor.
Guyur saus keatas ayam panggang, sajikan dgn kentang goreng & aneka sayuran kukus.

* Alternatif penyajian sayuran ala Farah Quinn:

- kentang ditabur garam & peterseli cincang
- sayuran di oven, tanbur sedikit garam & black pepper

EMPAL DAGING

Masakan daging khas Indonesia.. Empuk, gurih dan penggunaan air kelapa memberikan rasa manis alami yang yummy..Cocok jadi lauk nasi kuning atau nasi uduk
Bahan
1,5kg daging sapi has dalam. Potong persegi panjang atau kotak.
400ml air kelapa segar (kira2 dr 3btr kelapa)
10 lbr daun salam
2 bh lengkuas uk sedang s.d besar
1 sdm myk wijen
6 sdm ketumbar atau sesuai selera agar wangi
12 bwg merah
10 bwg putih
50cc air asam jawa atau sesuai selera
Gula merah
Garam
Merica
Air biasa utk merebus.

 
Cara Memasak
Rebus air hingga menidih. Masukkan 5 lbr daun salam dan 1 bh lengkuas yg sdh dikeprek. Rebus sampai 3/4 matang. Tiriskan.

Haluskan bwg putih, bwg merah, ketumbar, lengkuas. Atau lengkuas dpt diparut utk menghasilkan kremes yg lebih kasar. Panaskan minyak, tumis bumbu yg dihaluskan, masukkan sisa daun salam. Aduk2, masukkan minyak wijen. Tumis sampai harum. Masukkan daging, aduk dan tuang air kelapa. Aduk rata, masukkan air asam jawa, garam, gula jawa & merica sesuai selera. Masak hingga air kelapa tiris dan daging empuk sempurna. Goreng sesaat sblm disajikan. Spy gak gosong, kremesan digoreng terpisah lalu ditabur diatas empalnya.

Selasa, 18 Januari 2011

CUMI KUAH ASAM

Yang satu ini resep pemberian seorang sahabat, Cutie Chef Ade. Resep aslinya menggu akan ikan kakap merah segar. Saat gue butuh kakap, ehternyata out of stock! Akhirnya gue putuskan untuk menguji resepnya dengan bahan dasar cumi-cumi segar yang tergeletak didepan mata. Biar cuminya punya rasa dan nilai lebih, bukan sekedar badan cumi yang kosong dan kempes, gue simpulkan bahwa si cumi-cumi kudu kasih kejutan saat dipotong..

Bahan
5 -6 ekor cumi-cumi segar ukuran sedang, kupas selaputnya dan buang isi perutnya. Lumuri dengan perasan air jeruk dan sedikit garam. Diamkan 10-15menit 
1 ltr air
2btg serai, keprek
1 cm jahe, keprek
2 cm lengkuas, keprek
3 lbr daun jeruk, sobek-sobek
1 lbr daun pandan, sobek-sobek
100 gr daun kemangi segar, atau sesuai selera
3 btr tomat hijau, iris masing-masing jadi 6-8 irisan kecil
3-5 sdm perasan air jeruk nipis, atau sesuai selera
10 bh cabe rawit merah dan atau hijau, sesuai selera
3 bh cabe merah besar, iris 
5 btr bwg merah, iris tipis
2 siung bwg putih,iris tipis

*Bahan Isian Cumi
2 bh tahu cina ukuran sedang. Bungkus dengan kain bersih. Remas-remas hingga airnya keluar, haluskan
1 btg wortel, cincang halus
1btg daun bwg, cincang halus
2 siung bwg putihm cincang halus
3 siung bwg merah, cincang halus
1 btr telur ayam
Tusuk gigi bersih
--- Campur semua baha isian jadi satu
 
Cara Memasak
* Mengisi Cumi
Masukkan bahan isian kedalam rongga badan cumi. Isi hanya 3/4 bagian badan agar isinya tidak berhamburan keluar saat direbus. Semat dengan tusuk gigi. Sisihkan.

Rebus air. Masukkan jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, daun pandan, garam, merica. Masak hingga mendidih.

Masukkan cumi (dalam keadaan sudah tersemat tusuk gigi), irisan bwg merah dan putih, cabe merah besar. Lanjutkan merebus dengan api sedang selama + 20 menit. Kemudian baru masukkan cabe rawit, irisan tomat,daun kemangi dan terakhir perasan air jeruk nipis. Rebus selama +5-10menit

Matikan kompor. Cabut tusuk gigi dari cumi-cumi. Sajikan hangat bersama bakwan jagung


MACARONI SCHOTEL

Tanpa banyak ba-bi-bu-be-bo... yuuuuwwkkksss kita masak Macaroni Schotel.. Enak yaa kalo bagian atasnya ditabur keju Mozzarella, semi crispy sementara dalamnya gurih aroma susu, keju and saat dipotong padat namun creamy..*glek* :)

Bahan
200 gr makaroni panjang (long macaroni) atau makaroni biasa (elbow macaroni)
3 siung bwg putih, cincang halus
1 btr bwg bombai ukuran sedang, cincang halus
2 sdm unsalted butter
1/2 sdt pala bubuk
100 gr daging kornet
1 sdm tepung terigu serbaguna
400 ml  susu tawar cair
3 btr telur, kocok dengan garpu
100 gr keju cheddar, parut
30 gr keju mozzarella untuk taburan bagian atas
Garam merica sesuai selera

Cara Memasak
Lelehkan butter diatas wajan anti lengket. Tumis bwg bombai dan bwg putih hingga harum. Masukkan tepung terigu aduk cepat agar tidak menggumpal. Tuang susu cair perlahan-lahan sambil tetap diaduk. Masukkan daging kornet, garam, merica, pala bubuk. Aduk hingga mengental. Kecilkan api.         Selanjutnya masukkan kocokan telur dan terakhir masukkan parutan keju cheddar. Aduk merata. Matikan kompor.

Siapkan pinggan tahan panas atau loyang. Oles bagian dasar dan sekelilingnya dengan mentega dan ditaburi tepung terigu tipis-tipis. Tuang adonan ke dalam pinggan/loyang, taburkan keju Mozzarella diatasnya. Panggang dalam oven 180C selama 25 menit.

Sajikan panas..

Senin, 17 Januari 2011

TELUR PETIS KHAS JAWA TIMUR

Satu lagi menu favorit khas Jawa Timur. Biasanya gue ngandalin masakan mama. Tapi karena kita sudah pisah propinsi, gue musti bisa memasak yang satu ini. Bahannya gampang didapat, rasanya pedas gurih dengan aroma petis udang yang luar biasa sedaaapp nggak tergantikan dengan apapun di muka bumi *lebayjijay* Penggunaan petai disini untuk menambah cita rasa kekhasan Telur Petis, namun kalo elo termasuk anti petai ya monggo dilewatkan saja..

Bahan
6-8 btr telur ayam. Rebus matang, kupas dan goreng sebentar hingga membentuk kulit kecokelatan
**Haluskan:
8 btr bwg merah
5 siung bwg putih
6-10 bh cabe merah keriting
5 cm lengkuas

200 gr udang segar, kupas kulit, buang urat punggungnya dan sisakan ekor
2 toples @ 80gr petis udang
8 btr bwg merah, iris tipis
5 siung bwg putih, iris tipis
10 bh belimbig wuluh, iris
2 bh cabe merah besar, iris serong 
1 btr tomat hijau ukuran sedang, iris kecil
1 btr tomat merah ukuran sedang, iris kecil
3 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
5 cm lengkuas, keprek
1 papan petai, belah dua -- jika suka
12 cabe rawit merah dan atau hijau

Cara Memasak
Panaskan minyak dengan api sedang, tumis bumbu yang dihaluskan bersama irisan bawang merah dan putih, lengkuas, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukkan udang, aduk rata hingga udang berubah warna. Masukkan petis, cabe rawit, belimbing wuluh, tomat hijau dan petai. Diamkan selama +5 menit, lalu masukkan irisan tomat merah, cabe merah besar dan telur. Tidakperlu ditambahkan air atau santan karena udang dan tomat sudah mengeluarkan sari/juice-nya yang memberi "kelembaban" pada masakan. Angkat, sajikan panas bersama nasi pulen

Minggu, 16 Januari 2011

LASAGNA

 Yang satu ini jelas makanan ala Italia favorit banyak orang. Setelah mengumpulkan segenap kenekatan, ngubek-ngubek aneka resep lasagna dan ngalor-ngidul nyari bahan pembuatannya, akhirnya gue pastikan mencoba resep Lasagna ala Chef Cantik Giada De Laurentiis. Saus tomatnya sudah gue tuliskan dihalaman sebelumnya, sekarang giliranbagaimana membuat lasagn secara komplit termasuk menggunakan saus tomat bikinan sendiri yang superb!

Untuk memudahkan mengolah Lasagna, usahakan memilih lasagna yang oven ready atau no prior cooking. Artinya lembaran lasagna kering dapat langsung diletakkan dalam loyang tanpa perlu repot merebusnya terlebih dahulu. Selalu perhatikan tulisan pada kemasannya. Maaf, foto disamping bukan iklan, ya :)

Bahan Saus Bechamel
5 sdm unsalted butter, sediakan 2 sdm untuk nanti finalisasi lasagna
50 gr tepung terigu serba guna
200-300 gr ml susu tawar cair
1 sdt pala bubuk
150 ml saus tomat home made
Garam dan merica sesuai selera

Cara Memasak Saus Bechamel
Lelehkan butter diatas wajan dengan api sedang dengan sempurna. Masukkan tepung, aduk cepat +2 menit hingga tepung dan butter menyatu lembut. Tuang susu perlahan sambil terus mengaduk +10 menit agar tidak menggumpal hingga akhirnya saus menyatu dengan sempurna, kental dan teksturnya creamy -- Saus dapat melapisi sendok pengaduk dengan sempurna :).
Matikan api, masukkan pala bubuk ke dalam saus Bechamel yag sudah jadi.

Ambil saus tomat home made, tuang kedalam saus bechamel. Aduk rata hingga menyatu sempurna. Cicipi rasanya. Sisihkan agar dingin dengan sempurna
 **Campuran saus Bechamel dan saus tomat.









Cara Memasak Daging Giling untuk Lasagna
25ml extra virgin olive oil
250 gr daging sapi giling
3 siung bwg putih, cincang halus -- tambahan gue
1/2 butir bwg bombai, cincang halus -- tambahan gue
Garam dan merica sesuai selera

Panaskan minyak, tumis daging hingga berwarna kecokelatan dan berbau harum. Tambahkan garam dan merica. Angkat, dinginkan dengan sempurna

Cara Memasak Lapisan Dasar dan Atas Lasagna
200-225 gr Keju Ricotta
2-3 btr telur

Aduk rata keju ricotta dan telur tambahkan garamdan merica. Sisihkan.

Merangkai Lasagna

Masukkan ke dasar loyang 1/3 bagian saus bechamel (yang sudah disatukan dengan saus tomat). Ratakan. Letakkan selembar lasagna kering. Masukkan campuran keju Ricotta dan telur, ratakan diatas lembar lasagna. Letakkan cincangan bayam, ratakan. Letakkan tumisan daging cincang diatas bayam, ratakan

Masukkan parutan atau irisan tipis keju mozzarella diatas daging. Tutupi dengan  saus bechamel hingga merata. Letakkan selembar lasagna kering, tutup dengan sisa saus bechamel, keju mozzarela. Olesi dengan 2 sdm butter dan tutup dengan sisa saus campuran keju ricotta dan telur.


Panaskan oven 200C. Panggang lasagna selama 30 menit hingga bagian atasnya menyatu.

Sajikan hangat..

Sabtu, 15 Januari 2011

HOME MADE SAUS TOMAT ORGANIK

Mommies, tadinya gue berpikir bahwa membuat saus tomat sendiri itu mbikin capek dan ribet. Suatu hari gue nyari resep lasagna, alhamdulillah ternyata dalam resep lasagna versinya Chef Cantik Giada De Laurentiis sekaligus disediakan resep membuat saus tomat sendiri. Hasilnya ternyata wow! Saus tomat buatan sendiri lebih sedap, rasa manis asamnya bisa kita atur sesuai selera. Selain itu bahan-bahan yang dipakai adalah hasil pilihan kita sendiri yang jelas asal muasal dan kualitasnya. Resep ini gue sesuaikan dengan selera gue dan menghindari penggunaan tomat kalengan










   

Bahan:
6-8 bh tomat segar organik --- resep aslinya pake tomat kalengan
1 btr bawang bombai ukuran sedang, cincang kasar
50ml extra virgin olive oil
3 lembar daun salam kering, cincang kasar
5 siung bawang putih,keprek, cincang kasar
3 btg wortel impor, cincang halus
6-8 sdm palm sugar, atau sesuai selera -- resep aslinya gak pake palm sugar
1 btg seledri besar, tersedia di supermarket besar -- gue ngga pakein karena stok di supermarket langganan tumben kosong
Garam, merica hitam, sesuai selera
4 sdm unsalted butter, jika diperlukan - lurpak/anchor/elle&vire/orchid



Cara Memasak
Panaskan minyak diatas api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombai selama +5-10 menit higga harum..

Masukkan cincangan wortel, daun salam, batang seledri (jika elo pake). Tumis hingga wortel menjadi lunak.
Masukkan potongan tomat. Bumbui dengan garam, merica dan palm sugar. Kecilkan api. Aduk rata, tambahkan air +75ml
Perlahan tomat akan melunak dan menyatu dengan bahan-bahan lainnya. Cicipi rasa keasamannya, apabila masih terasa asam menurut selera elo, tambahkan butter yang dimasukkan sendok demi sendok kedalam saus tomat
Aduk saus tomat hingga mengental. Matikan kompor dan dinginkan dengan sempurna.
 Setelah dingin, blender saus tomat hingga halus.

Taraaaaaaaaa..... Saus tomat organik buatan sendiri sudah jadi!
Tempatkan dalam wadah-wadah plastik. Simpan dalam freezer (tahan selama +6bulan)
Resep diatas menghasilkan 1,2 kg saus tomat organik untuk seluruh keluarga!

Minggu, 09 Januari 2011

NASI AYAM HAINAN (HAINANESE CHICKEN RICE)

Menjelang Imlek begini paling asyik mengeksplorasi masakan-masakan China (Chinese Food). Yup, chinese food mendunia banget, dengan beragam gaya dari warung kaki lima sampai hotel kaum jet-set, elo bisa nemu chinese food. Salah satu favorit gue adalah Nasi Ayam Hainan. Nasi berbumbu yang gurih beraroma minyak wijen dan ayamnya yang hmmmm.. wangi, padat dan selalu menggiurkan. Mumpung weekend, gue praktekin deh resep Nasi Ayam Hainan yang resepnya kombinasi dari Crash Test Kitchen-nya Waz & Lenny, web Dapoerkami dan gothak-gathuk gue sendiri


Bahan:
Untuk Ayam
1 kg ayam ras atau ayam kampung
2 bh daun bawang, iris
2 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir
1-2 sdm minyak wijen
1000-1200ml air untuk merebus
Siapkan wadah atau panci isi air dingin untuk rendam ayam setelah matang
Untuk Nasi
2 sdm minyak wijen
250gr beras,cuci tiriskan
2 siung bwg  putih
2 bh bwg merah
2cm jahe, cincang halus
1 btg serai, keprek
2 sdm minyak untuk menumis
300 ml air kaldu sisa rebusan ayam

Cara Memasak
Stelah ayam dicuci dan ditiriskan, lumuri badan ayam dengan garam dan gula. Simpan di kulkas dalam wadah tertutup selama 3-4 jam.

Rebus air hingga mendidih. Masukkan ayam bersama potongan daun bawang. Tuangkan minyak wijen, tutup panci rebusan. Cicip garam dan gulanya. Rebus ayam hingga matang, angkat dan rendam dalam air dingin. Sisakan kaldu rebusan ayam sebanyak +300ml.

Haluskan bwg putih, bwg merah. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama jahe dan serai hingga harum. Masukkan beras, aduk rata bersama bumbu dan tuangi dengan kaldu sisa rebusan ayam. masak dengan api kecil (diaron) hingga airnya habis. Tanak nasi dengan dandang hingga matang.

Sambal Nasi Hainan
Dibagian sambal,gue pakai Resep Saus Teriyaki, ditambah dengan bubuk cabe kering dan sausnya dibuat lebih kental

Sajikan hangat Nasi Ayam Hainan bersama sambalnya

Sabtu, 08 Januari 2011

TERIYAKI & SESAME SALMON dari TASTE.COM.AU

Seorang teman kasih info tentang resep ini yang dimuat di taste.com.au. Yup, website yang berisi aneka menu asooy yang gampang untuk diuji coba. Gue pelajari bahannya ternyata semua mudah ditemukan di pasar tradisional dan supermarket. Kebetulan gue udah lama nggak masak ikan salmon yang mengandung asam lemak Omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta nutrisi bermanfaat untuk otak kita. Menu yang satu ini, selain ternyata cukup mudah membuatnya, ternyata juga mengandung tambahan vitamin dan serat lain. Yaitu seratnya dari organic brown rice (beras cokelat), vitamin C dari cabe, dan wijen (sesame seed) yang mengandung vitamin E. Yuuk.. ini terjemahan resepnya..

Bahan: 
4 bh (100g per potong) salmon fillets, bersihkan sisik dan biarkan kulitnya menempel
1/4 cangkir atau kira-kira 50-75ml saus teriyaki -- mau beli jadi monggo, mau yang homemade free MSG kukasih resepnya
3 sdm minyak canola
1 cabe merah besar yang badannya licin, potong miring uk. 1cm
3 btg daun bawang iris tipis
3 cangkir brown rice (berascokelat) matang
2 sdm kecap manis sedang -- atau kalo ngga ada ditoko campur 1 1/2 sdm kecap manis dan 1/2 sdm kecap asin
2 sdt garam atau sesuai selera (sea salt lebih baik)
1 sdt minyak wijen
1 sdm biji wijen, sangrai

Cara Memasak
Panaskan oven 180C. Lapisi baki oven dengan kertas panggang. 
Letakkan salmon diatas wadah kaca tahan panas. Oles seluruh bagian ikan dengan saus teriyaki, simpan dikulkas selama 10menit

Panaskan 2 sdm minyak canola diatas wajan anti lengket dengan api sedang. Tiriskan salmon dari saus teriyaki perendamnya dan letakkan diatas wajan. Bolak-balik selama 2 menit untuk setiap sisi salmon. Angkat dan pindahkan ke dalam oven.

Panggang salmon selama 3-4 menit untuk hasil kematangan sedang, atau panggang sesuai dengan tingkat kematangan yang elo inginkan.

Panaskan kembali dengan api sedang, sisa minyak canola dala wajan bekas salmon. Tumis daun bawang dan irisan cabe merah selama 2 sampai 3 menit hingga cabe merah terasa lunak. Masukkan brown rice, aduk rata lagi selaa 2 atau 3 menit. Matikan api, tambahkan kecap, minyak wijen dan taburan biji wijen. Aduk rata

Sajikan bersama dengan salmon..
 

*tips: diatas terjemahan resep aslinya. secara pribadi gue suka iseng menambahkan bumbu yaitu: 
Oleskan 1/3 sdt merica bubuk putih dan 1/3 merica bubuk hitam di badan salmon sebelum merendam dalam saus teriyaki. Tidak perlu ditambah garam.
Tambahkan 2 btr bawang putih dan 1/2 butir bawang bombai cincang untuk aroma yang lebih nikmat saat menumis brown rice.


Bonus RESEP SAUS TERIYAKI BUATAN SENDIRI


Kalo elo kurang yakin pada kehalalan saus teriyaki dalam kemasan yang banyak dijual di supermarket, lebih baik kita coba buat sendiri dirumah..


1/4 cangkir atau kira-kira 100ml air dingin
1/4 cangkir kecap -- campur 70ml kecap manis dengan 30ml kecap asin
2 sdm tepung maizena
3 sdm brown sugar
1 siung bwg putih, cincang halus
1/2 sdt parutan jahe


Campurkan tepung maizena dengan air. Aduk hingga rata.

Tuang kedalam wajan atau panci anti lengket: Campuran maizena & air, brown sugar, kecap, bwg putih dan parutan jahe. Aduk hingga semua bahan menyatu. Cicipi rasa manis dan gurihnya. Masak dengan api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan mengental.


Kalo elo merasa sausnya (masih) terlalu kental, kecilkan api, tuang air atau kecap perlahan kedalam saus sambil diaduk rata.

Jumat, 07 Januari 2011

TEMPE, TAHU & AYAM BACEM

Sumber protein nabati & hewani sama-sama bisa tampil dalam bentuk baceman yang manis, gurih & nikmat. Disini gue tapilkan versi bacem dengan proses pemasakan final dipanggang dalam oven. Sangat mengurangi penggunaan minyak namun tetap bercita rasa sedap khas bacem-an..

Bahan:
5-7 ptg ayam ras atau ayam kampung
5 ptg tempe
5 ptg tahu
600-700 cc air kelapa dari 3 butir kelapa
12 btr bwg merah
4 sdm ketumbar
6 siung bwg putih
3 cm lengkuas, keprek
1 sdt jintan
4 lbr daun salam
50 gr gula merah atau sesuai selera
2 sdm kecap manis atau sesuai selera
Garam 
1 sdm minyak goreng untuk olesan baki oven

Cara Memasak
Haluskan bwg merah, bwg putih, ketumbar, jintan. 

Siapkan wajan. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, gula merah, garam dan lengkuas, ayam, tempe dan tahu. Tuang air kelapa, nyalakan kompor dengan api sedang. Aduk rata agar semua tercampur. Rebus semua bahan, tuang kecap.Cicipi apakah rasagaramdan manisnya sudah sesuai selera elo. Masak hingga matang dan airnya habis.

Panaskan oven 100c. Oles baki oven dengan minyak goreng. Panggang ayam, tempe dan tahu dalam oven selama 10 menit sambil sesekali dibolak-balik.

Sajikan bersama sambal terasi & lalapan

*tips: Jika ingin digoreng, gunakan minyak baru dan wajan anti lengket. Goreng secukupnya. Baceman sebaiknya dimakan fresh.

Bonus resep Sambal Terasi
10-15 bh cabe merah keriting
1 bh tomat, potong jadi 4
5 btr bwg merah
2 siung bwg putih
3cm terasi
3 sdm miyak utk menggoreng

Panaskan minyak. Goreng semua bahan hingga matang. Tuang ke atas cobek sekaligus dengan bekas minyaknya. Tambahkan garam dan gula merah sesuai selera. Haluskan.

*tips: Nikmat juga bila ditambahkan 2 sdt perasan air jeruk purut

Selasa, 04 Januari 2011

PINDANG WOKU KAKAP

Berteman lewat jejaring sosial banyak manfaatnya. Salah satunya bisa berkomunikasi dengan banyak pakar kuliner, chef keren and beken, sekaligus nambah wawasan di dunia masak-memasak.

Resep yang satu ini buah dari following via twitter Pak William Wongso yang sudah kita kenal sebagai pakar kuliner dan pengusaha boga. Beliau sangat ramah, mudah membagi ilmu dan kisah-kisah perjalanannya saat mencoba aneka kuliner manca negara.. Nah, nunggu apalagi, yuuk kita simak resep Pindang Woku Kakap ala Pak William Wongso


Bahan:
2 ekor ikan kakap merah, berat @ 200gr
10 cabe merah keriting
10-15 btr kemiri
2 ruas jahe
10 siung bwg merah
1/2 jari kunyit
10 bh blimbing wuluh atau tomat hijau -- gue pake keduanya, namun tomat hijau 2 bh saja
10 bh cabe rawit merah atau hijau
5 btg daun bawang,potong-potong
3 cabe hijau, rajang
3 btg serai, keprek
10 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
minyak untuk menumis

Cara Memasak:
Haluskan cabe merah, bawang merah, kemiri, kunyit dan jahe.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Tuang air dan masak hingga mendidih. Masukkan ikan, rebus dengan api sedang

Masukkan potongan cabe hijau, cabe rawit, belimbing wuluh, serai, daun jeruk dan daun salam. Tambahkan garam sesuai selera. Matikan api agar ikan tidak lumat. Bila rasa asamnya kurang, tambah dengan perasan air jeruk nipis sesuai selera.

Sajikan panas..


MARTABAK MINI

Cemilan yang satu ini memang selalu ngegoda iman gue, dimanapun dan kapanpun... Sesekali gue jajan walaupun ended up 80% nyesel karena minyak dari martabak mini yang gue mkn banjiiiirrrr mbikin tangan gue becek, mulut & tenggorokan jadi ngga enak juga. Supaya lebih jelas asal usul minyak gorengnya plus supaya puasss dengan rasa dan isi martabak, gue coba bikin sendiri aja deh.. Naaah foto diatas noh bener-bener dijepret 3 menit setelah martabak mini-nya mateng.. *krauukk..krauukk.. maaf ngunyah duluan ^_^*

Bahan (utk 12 buah):
150gr daging sapi giling
24 lbr kulit lumpia -- beli jadi aja deh, Chef lagi lazy.. :P
2 btg daun bawang, cincang kasar
25 gr wortel, potong tipis korek api atau parut 
5 lbr jamur kuping putih,iris halus
1/2 sdt bubuk pala
1/2 sdt jintan
1/2 sdt adas
1/2 sdt bubuk kari -- jika suka, dan ingin aroma kari-nya lebih mantap
5 btr bwg merah
3 btr bwg putih
1 btr bwg bombai ukuran kecil, cincang kasar
1sdm minyak goreng/canola oil 
50 ml air matang
Garam, sesuai selera
Gula, sesuai selera
Merica bubuk, sesuai selera

Cara Memasak:
Haluskan bwg putih, bwg merah, jintan & adas.
Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama dengan bwg bombai cincang hingga harum. Masukkan daging cincang, aduk rata hingga daging berubah warna. Tuang air agar daging matang. Masukkan daun bawang, wortel, jamur, tambahkan garam, gula, merica (dan bubuk kari). Tumis hingga semuanya matang dan tidak lembab berair. Dinginkan.

Masukkan 1sdm daging isian kedalam selembar kulit lumpia. oleskan campuran air dan tepung terigu kental sebagai perekat dipinggir kulit lumpia. Ulangi sekali lagi (setiap martabak mini dibungkus 2lbr kulit lumpia)

Goreng terendam dalam minyak panas.
Sajikan


*tips: Tutup kulit lumpia dengan kain bersih yang lembab. Demikian pula pada saat menunggu proses penggorengan atau bila disimpan dalam kulkas usahakan martabak mini dalam keadaan tertutup kain bersih dan lembab. Fungsinya agar kulit lumpia tidak kering karena kulit lumpia kering susah dilipat dan pecah saat digoreng








HARGA CABE per 4 JANUARI 2011

Pekanbaru --- Rp 80.000/kg
Tangerang --- Rp 90.000/kg 

*sigh..*

Senin, 03 Januari 2011

BEEF STEAK with MUSHROOM SAUCE

As I said before, Hubby belikan gue mainan baru yang jadi idaman setiap Chef!!! *dancing*  YESSS, an OVEN it is *dancing*!!!

Tanda terima kasih untuk Hubby ya jelas berupa Beef Steak yang dimasak dengan oven hadiah :) Sauce/gravy-nya hasil jejingkrak bongkar pasang padu padan dari beberapa resep. Jadilah gravy yang akan elo semua lihat dalam foto. Yuuk kita baca barengan apa aja bahan steak-nya.. and segera pergi ke pasar untuk nanti sore praktekin lalu hadiahkan ke suami atau pacar masing-masing yaaa.. 

Bahan Olesan Daging:
700gr daging sapi has dalam/tenderloin. Pukul-pukul rata dengan palu daging hingga setebal +1cm
1 sdt merica putih
1 sdt merica hitam
1 sdm rosemary
1 sdt garam

2 sdm Canola oil
2 siung bwg putih, parut
Campur menjadi satu untuk mengoles daging saat proses pemanggangan


Oles seluruh bagian daging dengan bahan-bahan tersebut diatas. Simpan di kulkas dalam wadah tertutup selama kurang lebih 5-7jam

Keluarkan daging dari kulkas. Panaskan oven dengan suhu 250C. Panggang daging dalam oven selama 50mnt sambil dioles/basting dengan campuran canola oil+ parutan bwg putih saat dibolak-balik.

Bahan Sauce/Gravy:
1 sdm unsalted butter -- anchor, lurpak, orchid
200ml susu sapi uht tawar/plain -- ultra full cream tawar kotak biru
1 btr bawang bombai ukuran sedang, cincang
5 siung bwg putih, keprek, cincang halus
50 gr jamur kancing/jamur champignon, belah tipis
1 sdt tepung terigu
1 sdt merica putih
1 sdt merica hitam
1 sdm brown sugar
1 sdm saus worchestershire -- kalo susah dapet, pake saus inggris
1 sdm kecap manis
3 sdm saus tomat
1 sdt pala bubuk
3 btg cengkih
175 cc kaldu daging atau air matang suhu ruangan
garam secukupnya


Lelehkan butter. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan tepung terigu,aduk cepat agar tidak menggumpal. Tuang susu cair perlahan-lahan sambil tetap diaduk. Masukkan merica bubuk (hitam & putih),brown sugar, garam, saus worchestershire/saus inggris, pala bubuk, cengkih dan jamur. Biasanya campuran gravy mulai mengental, sekarang saatnya menuangkan air kaldu/air matang perlahan kedalam gravy. Aduk rata. Masukkan saus tomat dan kecap manis. Masak hingga matang mengental.


Bahan Setup Sayuran
Wortel, iris bentuk korek api
Kembang kol
Buncis
2 siung  bwg putih, keprek,cincang halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
200ml air
1 sdt canola oil


Tumis bwg putih hingga harum. Masukkan wortel, aduk sebentar. Tuang air. Masukkan buncis dan terakhir kembang kol. Tambahkan garam & gula, tutup wajan, masak selama kurang lebih 3-5mnt. Tiriskan.
*tips: sayuran boleh diganti dengan sayuran apa saja yang elo suka

Tata daging, setup sayuran diatas piring. Guyur dagung dengan sauce/gravy. Tambahkan kentang kukus parut keju dan jagung manis kukus.
Sajikan
 

OMELETTE SAYURAN & BIHUN

Si Kecil susaaaah bangeettth makan sayuran? Nah, Omelette Sayuran & Bihun bisa jadi ide untuk menyembunyikan sayuran dari anak-anak. Dimasak dengan tambahan bihun yang bisa kamu pilih dari bihun berbahan dasar beras atau tepung jagung. Padat, berlimpah serat dan pastinya inovasi baru dari telur dadar.

Bahan
2 btr telur ayam ras/negeri
2 siung bawang putih, parut
12 lembar daun bayam
10 gr jamur enoki, cincang halus
10 gr wortel, parut
10 gr bihun rebus, cincang
Keju Cheddar, parut
Merica secukupnya
*tips: masakan ini tetap terasa nikmat tanpa garam. Bwg putih, jamur enoki, bayam & wortel dapat dicincang bersamaan dgn menggunakan chopper untuk hasil yang lebih halus/kecil-kecil

Cara Memasak:
Kocok telur, masukkan bwh putih, daun bayam, merica, wortel dan jamur enoki. Aduk hingga rata.

Panaskan dengan api sedang wajan datar anti lengket. Tuang telur, rtakan dalam wajan, beri parutan keju & tutup wajan. Saat bagian atas telur mulai memadat, balik telur. Masak hinggakeseluruhan matang berwarna kuning kecokelatan. Sajikan hangat


MAKANAN GAYA APA YANG GUE MASAK..?

Mungkin elo bertanya-tanya, masakan apa sich yang gue buat..? Yang selera Indonesia atau selera barat..? Pedas, manis atau gimana..?

Like I said on previous page, gue nggak pernah sekolah atau belajar memasak secara formal. So, mostly yang gue share disini masakan-masakan yang umumnya disajikan di rumah. Beberapa memang ada yang bergaya ala restoran, tapi tentunya yang mudah, bahannya gampang didapat dan nggak akan capek untuk dimasak berulang kali.

Masakan-masakan yang gue buat sumber resepnya dari mana?
Here are the sources:

1. Kreasi Sendiri. Buka kulkas elo, liat ada apa didalamnya. Bayangkannsatu tumisan, menu gorengan atau.. yeah! Rasa NEKAD-isme dan ke-PeDe-an akan mendorong kreativitas untuk nyiptain masakan baru. Karakter yang sangat berguna untuk ibu rumah tangga, anak kos, bujangan, mereka yang sibuk dan siapa saja!

2. Kunjungan ke restoran. Tajamkan lidah, konsentrasi dan cob bayangkan apabumbu-bumbu yang ada dalam masakan uang dimakan. Yup, gue serius ngelakuinnya!

3. Nonton cooking show di TV, baik yang lokal maupun luar punya. Nikmati acaranya dengan serius, kalo perlu sendirian deh bajak tuh TV. Adalah keuntungan buat elo-elo pada yang punya daya ingat kuat dan atau kemampuan mengetik cepat di hp QWERTY!

4. Buku-buku resep masakan. THEY'RE CERTAINLY VALUABLE TREASURE! Pilihlah buku resep yang sesuai dengan diri elo. Susah tidaknya satu resep masakan, hanya elo yang bisa menilainya. Satu hal pasti: Jangan takut mencoba, mencicipi dan terus mencoba mempraktekkan suatu resep

5. Cooking Websites. Buanyaaaaakk banget cooking websites yang bagus, resep-resepnya  keren dan mudah dipraktekkan. Apalagi sekarang  pengguna internet ditunjang oleh penterjemah elektronik sehingga nama-nama bahan masakan yang asing bisa cepat di ketahui artinya.

But some things are to be done, by myself. Those are:

1. Gue sangat mendukung Food Combining. Kenapa..? Ceritanya cukup panjang..

2. Gue merasa seperti dehidrasi dan suakiit kepala kalo kena MSG. Jadi masakan gue tidak menggunakan MSG. Kalopun ada praktekan resep yang menggunakan bahan tambahan penyedap, bumbu kemasan nggak gue bagi tuh makanan ke anak-anak gue.

3. Gue berusaha sekuat tenaga untuk membuat masakan yang sesuai untuk anak-anak gue, baik yang pertama maupun yang kedua. Nggak nge-loss bebuuuaas makanan ke mereka. Tanya kenapa..

4. My Hubby and I sekarang sedang dalam tahap pengaturan pola makan serat tinggi yang disertai olahraga teratur. Hasilnya tidak instant, tapi.. Yup, kami lebih berbahagia dengan kesehatan & fungsi tubuh kami sekarang even    
there's still a looonggg waaay to go to be physically healthier person!