Jumat, 04 Februari 2011

SUP KRIM LABU PARANG

Resep yang satu ini boleh dinikmati mulai dari baby sampai dengan manula :)  Bahannya mudah didapat dan cukup fleksibel untuk di ganti bila salah satu bahan sedang kosong stoknya dipasar, rasanya nikmat disajikan hangat-hangat sebagai starter, teksturnya halus mengelus lidah dan punya kandungan betakaroten alami yang baik untuk kesehatan mata. Yuukk..

Bahan
200 gr labu parang/labu kuning kabocha, potong kotak-kotak
100 gr wortel impor atau ubi manis yang warna dagingnya oranye, potong kotak-kotak
1 btr bwg bombai ukuran sedang, cincang halus
3 sung bwg putih, keprek, cincang halus
1/2 sdt pala bubuk
2 sdm light olive oil/canola oil
30-50ml kaldu ayam
30-50ml krim kental
Garam sesuai selera
Merica putih bubuk sesuai selera

Cara Memasak
Kukus labu parang/labu kuning kabocha dan wortel/ubi manis oranye hingga setengah matang. dinginkan. Blender hingga lembut.

Tumis bwg bombai dan bwg putih hingga layu. Masukkan bahan-bahan yang sudah diblender. Tambahkan air. Aduk rata, masukkan pala bubuk, garam dan merica. Masak hingga mulai mendidih, cicipi rasanya. Tuang krim kental, aduk hingga tercampur rata. Matikan api.

Taburi parsley cincang, sajikan hangat bersama crouton atau garlic bread.

*tips: 
Untuk anak-anak atau mereka yang intoleransi laktosa, krim kental dapat diganti dengan susu kedelai tawar. Yang perlu diperhatikan: pada saat menumis bawang bombai & bwg putih hingga layu, tambahkan 1/2sdm tepung terigu, aduk cepat hingga tercampur dgn tumisan bawang tersebut dan lanjutkan langkah berikutnya yang tersebut diatas

Untuk mereka yang berpantang susu sekaligus tepung terigu, lakukan cara memasak diatas, lalu saat susu kedelai dituang kedalam campuran sup labu, aduk rata, tunggu sebentar hingga mulai mendidih, tuang larutan tepung maizena (campur: 5sdm air + 1 sdt tepung maizena) perlahan-lahan kedalam panci sambil diaduk hingga mencapai kekentalan yang diperlukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar